Laporan Praktikum Counter

 LAPORAN PRAKTIKUM SISTEM DIGITAL

"COUNTER"

I. Tujuan Praktikum

1. Mengamati keluaran pencacah (counter) dengan masukkan clock JKFF

2. Mempraktikan pembuatan rangkaian counter 4 bit

3. Memahami cara kerja counter 4 bit


II. Landasan Teori

    Flip-flop merupakan rangkaian digital yang digunakan untuk menyimpan satu bit secara semi permanen sampai ada suatu perintah untuk menghapus atau mengganti isi dari bit yang disimpan. Prinsip dasar dari flip-flop adalah suatu komponen elektronika dasar seperti transistor, resistor dan dioda yang di rangkai menjadi suatu gerbang logika yang dapat bekerja secara sekuensial.

JK flip-flop atau sering ditulis dengan simbol JK –FF merupakan pengembangan dari RS flip-flop. JK flip-flop digunakan sebagai komponen dasar suatu counter atau pencacah naik (up counter) ataupun pencacah turun (down counter).

Counter ( rangkaian logika sekuensial yang dibentuk dari flip-flop). Mencacah dapat diartikan menghitung, hampir semua system logika menerapkan pencacah. Komputer digit menerapkan pencacah guna mengemudikan urutan dan pelaksanaan langkah-langkah dalam program. Fungsi dasar pencacah adalah untuk “mengingat” berapa banyak pulsa detak yang telah dimasukkan kepada masukan, sehingga pengertian paling dasar pencacah adalah system memori.


III. Alat dan Langkah Percobaan

3.1 Alat dan Bahan

1.  Laptop yang terdapat Aplikasi Proteus dan terhubung jaringan internet

2. CLOCK

3. LOGICSTATE

4. MINRES100R

5. SW-SPST

6. [7473]

7. GATE 7447 & GATE 7473

8.7SEG-COM-AN-GRN

9. 7SEG-DIGITAL

10. 7SEG-MPX1-CA 

11. 14SEG-MPX1-CC-BLUE 

Dan komponen tambahan yang berada di terminal mode, yakni : POWER & Ground. 

 

3.2 Langkah Percobaan



~ SIMULASI COUNTER 1 CLOCK & 2 LOGICSTATE~
  • Inputkan gate 7SEG-MPX1-CA  di halaman kerja
  • Inputkan 1 buah gate 7447
  • Inputkan 4 buah gate 7473
  • Inputkan 2 LogicState dan 1 Clock
CARA KERJA:
  • Letakkan 7 minres di sebelah kanan gate 7447 kemudian 1 minres yang lain letakkan dibawah MPX dekat dengan kaki di sebelah kanan.
  • Letakkan SW-SPST di sebelah kanan minres sebelah kanan.
  • Letakkan Power di dekat MPX dan Ground di bawah SW-SPST.
  • Letakkan Clock diantara 2 LogicState, lalu sambungkan logicstate ke tiap-tiap gate.
  • Saambungkan semua komponen seperti pada gambar.
  • Lakukan uji coba dengan memberi masukkan/inputan.
  • Berikan ukuran 1 Hz pada Clock, kemudian jalankan.
  • Amati hasil yang didapat.
Rangkaian akan berjalan ketika diberi masukan/input 1. Ketika ada inputan 1 maka output akan 1. Akan tetapi, jika rangkaian diberi inputan 0 maka output tidak akan berjalan atau akan tetap 0.


~SIMULASI DENGAN 3 LOGICSTATE~

Untuk dapat melakukan simulasi dengan 3 LogicState, kalian hanya perlu mengubah inputan menjadi 3 LogicState dari yang tadinya berupa Clock. Rangkaian akan tetap sama, hanya berbeda inputan saja. 
 
Ketika inputan 1 maka output akan berjalan seperti (1, 0, 1). Namun, ketika inputnya misalkan (1, 1, 1) atau (1, 0, 0) atau (1, 1, 0) atau (0, 1, 1) atau (0, 0, 0) atau (0, 0, 1) atau (0, 1, 0) maka rangkaian tidak akan berjalan/mati.

IV. Hasil Praktikum

(Simulasi untuk masukkan dua logic state dan satu clock. logicstate yang digunakan harus bernilai 1 agar output yang dihasilkan berjalan dan pada clock diberi inputan 1 Hz agar terus berganti setiap detiknya.)



(Gambar diatas menggunakan inputan tiga logicstate. Inputan pada logicstate yang dimasukkan merupakan (1,0,1). Output akan muncul atau keluar setelah kita memasukkan inputan tadi.)


V. Kesimpulan

Rangkaian counter up 4 bit yang disusun dari 4 buah flip-flop J-K baik sinkron maupun asinkron memiliki kombinasi input dan output yang sama, di mana outputnya berupa bilangan biner. Counter down sinkron dan asinkron juga berlaku demikian. Yang membedakan adalah rangkaian sinkron menggunakan tambahan 2 gerbang and, dan clocknya langsung terhubung ke tiap-tiap flip-flop.


VI. Referensi

https://www.youtube.com/watch?v=iXnu3_-ZWxI&feature=youtu.be

Comments

Popular Posts